Kandungan dan 7 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah berserat merupakan bagian dari pola makan sehat. Sangat disarankan untuk makan buah-buahan tiap hari agar kebutuhan vitamin bisa terpenuhi.

Belimbing merupakan salah satu buah-buahan berserat yang bisa anda konsumsi dan buah yang biasa ditemukan di daerah tropis ini memiliki rasa asam dan menyegarkan. Berwarna kuning kehijauan dan berbentuk seperti bintang, belimbing biasa dinikmati dalam bentuk rujak, salad buah, jus, acar, dan manisan atau asinan.

Dibalik bentuk dan rasanya yang unik, buah belimbing mengandung beragam kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh.

Buah belimbing merupakan sumber vitamin dan mineral diantaranya magnesium, asam folat, potasium, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, serta beta-karoten. Inilah beberapa khasiat buah belimbing bagi kesehatan tubuh

1.Mengatasi radang kulit

Belimbing mengandung antioksidan yang bersifat sebagai anti inflamasi (anti radang), sehingga dengan mengkonsumsi belimbing dapat mencegah sekaligus mengatasi radang kulit seperti dermatitis, psoriasis, ataupun eksim. Tidak hanya mengatasi radang kulit, sifat anti inflamasi tersebut juga mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C yang melimpah pada belimbing mampu membantu membersihkan racun dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

2.Menurunkan tekanan darah tinggi

Belimbing mengandung berbagai mineral alami, diantaranya adalah kalium dan natrium. Nah, kedua mineral tersebut berperan penting untuk mengontrol tekanan darah tetap normal. Tekanan darah normal akan menjaga jantung tetap sehat serta melancarkan aliran darah. Sehingga mengkonsumsi belimbing, misalnya dalam bentuk jus atau dimakan langssung, sangat disarankan bagi para penderita hipertensi.

3.Mencegah kanker

Khasiat buah belimbing selanjutnya adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Belimbing mengandung kadar vitamin C dan antioksidan polifenol yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C dan antioksidan ini mampu berperan sebagai anti kanker dengan cara menghilangkan radikal bebas dan zat karsinogenik yang menjadi penyebab kanker. Disamping itu, kandungan serat dalam belimbing juga bermanfaat membersihkan racun yang ada di usus, sehingga mencegah berkembangnya kanker di usus besar.

4.Menjaga kadar gula darah

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti, bahkan bisa memicu penyakit lainnya seperti gagal ginjal, jantung, maupun stroke. Karena itulah banyak orang mencari berbagai penyembuhan alternatif selain obat-obatan dari dokter. Nah, tahukah anda bahwa buah belimbing yang sering kita jumpai ternyata berkhasiat mengatasi diabetes. Hal ini karena belimbing kaya akan serat yang berfungsi menurunkan kadar gula darah, kolesterol, serta tekanan darah tinggi .

5.Menurunkan kolesterol

Terlalu banyak kolesterol dalam darah akan menghambat saluran pembuluh darah, sehingga bisa mengakibatkan stroke. Untuk menurunkan kolesterol, kita perlu mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Salah satu buah yang bisa digunakan sebagai obat herbal adalah belimbing. Belimbing mengandung kalsium, zat besi, protein, vitamin A, B, C yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat.

6.Menurunkan berat badan

Buah belimbing memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah kalori. Banyaknya kandungan air dan serat ini akan memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

7.Menjaga kesehatan pencernaan

Buah belimbing juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Adanya kandungan senyawa tannin dan serat yang tinggi akan membantu kelancaran pencernaan. Jadi, agar terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit (susah BAB), kembung, maupun diare, anda bisa mengkonsumsi buah belimbing secara rutin.

Khasiat buah belimbing bagi kesehatan memang sangat banyak. Tetapi mesti disadari juga bahwa belimbing mengandung zat berbahaya, yaitu asam oksalat dan karamboxin.

Tingginya kandungan kedua zat tadi dapat memberi efek buruk bagi penderita gagal ginjal kronis. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki riwayat medis tertentu, disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah belimbing. Nah demikian ulasan mengenai khasiat buah belimbing. Semoga memberikan manfaat bagi anda dan keluarga. Tetap sehat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.